![]() |
Daftar Istilah dalam Kegiatan Guru Pembelajar |
Kegiatan Guru Pembelajar dikembangkan berdasarkan peta kompetensi guru yang dapat dilihat dari hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG), dan Uji Kompetensi Guru (UKG) serta didukung dengan hasil evaluasi diri. Guru yang kompetensinya masih di Kriteria Capaian Minimal (KCM) akan mengikuti peningkatan kompetensi Guru Pembelajar yang diorientasikan untuk mencapai standar kompetensi minimal.
Guru yang hasil pengembangan keprofesiannya telah mencapai standar kompetensi minimal, kegiatan Guru Pembelajar-nya diarahkan kepada peningkatan keprofesian yang dapat memenuhi tuntutan ke depan dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya memberikan pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Untuk mempermudah memahami istilah-istilah dalam program Guru Pembelajar terutama bagi guru, berikut daftar istilah yang sering muncul dalam kegiatan guru pembelajar :
Istilah/Akronim
|
Keterangan
|
Admin Kelas
|
Tenaga teknis yang ada di UPT, yang menangani LMS
|
Coorporate Social Responsibility (CSR)
|
Tanggung jawab sosial dari perusahaan yang ikut mendanai peningkatan kompetensi Guru Pembelajar Daring
|
Dapodik GTK
|
Data pokok pendidik yang ada di Direktorat GTK
|
Daring
|
Dalam jaringan (internet) / online
|
Difabel
|
Orang yang memiliki kebutuhan khusus
|
Ditjen GTK
|
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
|
Efektifitas
|
Suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target pembelajaran yang telah dicapai
|
Effect size
|
Besarnya pengaruh proses pembelajaran terhadap capaian hasil belajar
|
E-portfolio
|
Wadah di dalam LMS yang digunakan untuk menyimpan dan membagikan tugas
|
Guru Pembelajar moda daring kombinasi
|
Model pembelajaran bagi guru secara daring dan tatap muka
|
Guru Pembelajar moda daring
|
Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan hanya secara daring
|
Guru Pembelajar moda daring – Model 1
|
Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu
|
Guru Pembelajar moda daring – Model 2
|
Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu dan mentor secara daring
|
Guru Pembelajar (GP)
|
Program pembelajaran bagi guru sebagai salah satu bagian dari Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan
|
Interaksi asynchronous
|
Interaksi yang terjadi pada waktu yang tidak bersamaan
|
Interaksi synchronous
|
Interaksi yang terjadi pada waktu yang bersamaan
|
KCM
|
Kriteria Capaian Minimal
|
Komunitas Pembelajar
|
Sekelompok guru yang melakukan pembelajaran kolaborasi secara daring dan luring, misalnya melalui diskusi, berbagi informasi, berbagi pengalaman, dan berbagi sumber belajar
|
Konstruktivisme sosial
|
Teori belajar yang memandang bahwa ilmu pengetahuan dapat dibangun melalui interaksi sosial
|
Koordinator Admin
|
Tenaga teknis yang ada di UPT, yang mempunyai otoritas di dalam memanipulasi konten teknis untuk menjamin keberlangsungan pelaksanaan Guru Pembelajar moda daring
|
Learning Management System (LMS)
|
Sistem manajemen pembelajaran secara elektronik, misalnya moodle, dan blackboard
|
Log activity
|
Rekaman kegiatan dalam sistem
|
Luring
|
Luar jaringan (internet) /offline
|
Mentor
|
Guru yang membimbing peserta dalam Guru Pembelajar moda daring kombinasi
|
Pengampu
|
Widyaiswara/PTP/Dosen/Instruktur yang memfasilitasi, membimbing dan memonitor kegiatan peserta dalam Guru Pembelajar moda daring
|
Peserta
|
Guru yang menjadi peserta Guru Pembelajar
|
PKG
|
Penilaian Kinerja Guru
|
Pusat Belajar (PB)
|
Tempat kegiatan pendampingan dan tatap muka antara mentor dengan peserta pada Guru Pembelajar moda daring kombinasi
|
Refleksi
|
Memikirkan ulang dan menuangkan hal-hal yang telah diperoleh dalam proses belajar, faktor-faktor pendukung atau penghambat (baik internal maupun eksternal) dalam proses belajar, langkah apa yang harus diambil untuk mengantisipasi masalah, dan rencana aksi tindak lanjut pembelajaran
|
Relevansi
|
Kaitan atau hubungan antara kesesuaian isi pelatihan dengan profesi peserta, dan penerapannya di tempat kerja
|
smiley face
|
Instrumen untuk mengukur reaksi peserta terhadap proses pembelajaran, berupa “kepuasan peserta”
|
Surel
|
Surat elektronik yang biasa dikenal dengan email
|
Tagihan
|
Seluruh tugas yang harus diselesaikan selama pembelajaran dalam bentuk: penilaian diri yang diunggah dan dibagikan ke pengampu dan atau mentor, tes sesi dan tes akhir.
|
t-test
|
Uji statistik (parametrik) berdasarkan perbandingan 2 (dua) kelompok data; hasil kemampuan awal dan hasil Tes Akhir, untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pengetahuan setelah proses pembelajaran
|
UKG
|
Uji Kompetensi Guru
|
UPT
|
Unit pelaksana teknis mencakup PPPPTK, dan LPPPTK-KPTK yang menyelenggarakan Guru Pembelajar moda daring
|
0 komentar:
Posting Komentar